Zombie Hand - Working In Background SATRIA STORY of TKJ: Klasifikasi/Macam-macam Distro Linux

Jumat, 18 Januari 2013

Klasifikasi/Macam-macam Distro Linux


1. Menurut Rangking di Distrowatch.com
Menurut situs Distrowatch, sebuah situs yang mengulas bermacam-macam distro, dan merangkingnya berdasarkan jumlah penggunanya, maka pada terakhir saya akses (8/10/2010), saya mendapati rangking seperti berikut:
1. Ubuntu
6. PCLinuxOS
2. Fedora
7. Mandriva
3. Mint
8. Sabayon
4. openSUSE
9. Arch
5. Debian
10. Puppy

2. Menurut Induknya
Ada banyak distro induk yang selanjutnya akan melahirkan banyak distro baru, tapi tetap berbasis pada induknya tersebut. Mari kita ulas induk beserta peranakannya.

Berbasis Debian
Debian GNU/Linux adalah distribusi yang menekankan pada perangkat lunak bebas. Hal ini didukung pada berbagai platform perangkat keras. Debian dan distro peranakannya menggunakan paket deb. Paket manajernya adalah dpkg.
Distribusi
Keterangan
64 Studio
Distro spesialis audio/video pada platform x86 maupun x64.
Damn Small Linux
Sebuah distribusi desktop Linux yang dirancang agar menjadi sangat ringan dan dapat berjalan di hardware yang lambat maupun tua.
CrunchBang Linux
Distro yang menggunakan OpenBox window manager dan GTK+ untuk aplikasinya, sehingga menghasilkan kekuatan, kecepatan dan fungsionalitas.
Knoppix
Distribusi berbasis Debian pertama yang live (dapat dijalankan tanpa melakukan instalasi)
Maemo
Distro yang khusus dikembangkan untuk perangkat handheld seperti Nokia N800, N810 dan Nokia N900 Internet Tablet dan perangkat berbasis Linux lainnya.
Ubuntu
Distro yang disponsori oleh Canonical Ltd. yang menyajikan sebuat distro lengkap yang dikemas hanya dalam ukuran satu CD saja.
Xebian
Distro yang dapat diinstall pada konsol game XBOX

Ubuntu
Ubuntu adalah distribusi berbasis pada Debian. Masing-masing memiliki jadwal rilis yang berbeda: siklus rilis Debian adalah 2 tahun, dan Ubuntu adalah 6 bulan. Paket Ubuntu didownload dari Debian, dikemas ulang dengan nomor versi Ubuntu dan terintegrasi dengan sistem dan patch spesifik Ubuntu yang diperlukan. Ubuntu secara resmi hanya mendukung 2 arsitektur komputer; Debian, sekitar 10.
Distribusi
Keterangan
Ubuntu Server Edition
Sebuah derivatif resmi yang dibuat untuk digunakan sebagai server. Ubuntu Server mampu menangani mail, printer control, bertindak sebagai fileserver, dan bisa menjadi host LAMP dan banyak lagi.
Kubuntu
Sebuah turunan resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE, bukan GNOME yang digunakan secara default dalam Ubuntu.
Xubuntu
Sebuah turunan resmi dari Ubuntu menggunakan Xfce. Xubuntu ditujukan untuk digunakan pada komputer yang kurang kuat atau mereka yang mencari lingkungan desktop yang sangat efisien pada sistem cepat, dan menggunakan sebagian besar aplikasi GTK +.
Lubuntu
Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk mengarah pada turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang "ringan, hemat daya energi yang efisien dan lebih cepat", menggunakan lingkungan desktop LXDE.
Edubuntu
Sebuah sistem operasi lengkap berbasis Linux yang ditargetkan untuk pendidikan dasar dan menengah. Ini tersedia secara gratis dengan dukungan berbasis masyarakat. Komunitas Edubuntu dibangun di atas gagasan diabadikan dalam Manifesto Edubuntu: bahwa perangkat lunak, khususnya untuk pendidikan, harus tersedia secara gratis dan perangkat lunak yang harus digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka. Sejak versi 8.04, Edubuntu sekarang telah bernama Ubuntu Education Edition dan telah dibuat sebagai add-on untuk sistem operasi Ubuntu.
Ubuntu Netbook Edition
Dirilis pada tahun 2008, Netbook Edition adalah turunan resmi dari Ubuntu yang dirancang untuk netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom.
Chromium
OS milik Google yang akan digunakan pada tablet mereka.


Link : http://paradoxnazi.wordpress.com/2010/11/13/klasifikasimacam-ma

1 komentar: